Apa Itu Gym, Prestige dan Defender Bonus di Pokemon GO, Berikut Penjelasannya!

Apa Itu Gym, Prestige dan Defender Bonus di Pokemon GO ? Buat sobat pemain pokemon go kali ini saya ingin berbagi tentang ketiga istilah diatas dan saya akan menjelaskan kegunaan dari semua item diatas secara detail. Sebenarnya gym ini hampir sama dengan Pokestop dan untuk mendapatkannya pun cukup gampang anda bisa menemukan gym ini dimanapun, yang membedakan adalah jumlah yang kita dapatkan tidak sebanyak seperti pokestop.

Setelah kalian sudah mencapai level 5 kalian bisa berinteraksi dan bergabung dengan gym, Saat melawan Team lain di Gym, anda dapat membawa 6 Pokemon terkuat yang anda miliki. Kalau anda melawan tim sendiri, hanya satu Pokemon yang diperbolehkan. Sebelum memilih Pokemon apa yang akan anda bawa maju, ketahui kelemahan tipe Pokemon yang dipasang di Gym lawan.

Jika lawan memiliki banyak Pokemon dengan Tipe Grass, bawa Pokemon bertipe Fire, Ice, Poison, dst untuk mengalahkannya. Jika lawan memiliki tipe Pokemon yang bervariasi, sesuaikan strategi anda dengan melihat kelemahan Tipe Pokemon lawan pada tabel Daftar diatas. Yuk lihat pengertian dari gym, prestige dan defender bonus berikut ini.

Gym, Prestige dan Defender Bonus Pokemon GO image

Fungsi dan Kegunaan Gym, Prestige dan Defender Bonus Pokemon GO 

Apa itu Gym Pokemon GO?

Istilah di gym banyak sekali dan sobat perlu tahu tentang kegunaan dan maksud dari peringatan di gym, berikut beberapa istilah dan arti dari gym pokemon go :

1. Pokemon Slot di Gym

Tiap Trainer hanya dapat memasang 1 Pokemon sebagai defender (pihak bertahan) di dalam Gym yang telah diklaim. Pokemon yang anda pasang di dalam Gym akan terus berada di sana sampai ia dikalahkan oleh Team lain. Pokemon yang telah dikalahkan akan dikembalikan pada anda.

Untuk melihat Slot tersedia atau tidak, di bagian bawah nama Gym Level X terdapat gambar bulatan kecil, ini menandakan jumlah slot. Geser ke kanan untuk melihat player yang sudah memasang Pokemon. Contoh pada gambar di atas, Gym Level 4, hal ini menandakan ada 4 slot dan slot-nya dalam kondisi penuh (lihat bulatan kecil berjumlah 3 sekaligus 1 icon mahkota paling kanan yang menandakan ini adalah slot Gym Leader dengan CP Pokemon tertinggi).

2. Unoccupied Gym

Unoccupied Gym adalah Gym yang belum diklaim oleh Team manapun. Hal ini ditandai dengan tidak adanya warna pada Gym. Anda bisa mengklaim Gym ini dengan memasang salah satu Pokemon milik anda ke dalamnya. Jika anda berada di Team Biru, Gym tersebut akan berubah menjadai warna Biru.

3. Friendly Gym

Friendly Gym adalah Gym yang telah diklaim oleh Team anda. Hal ini ditandai dengan warna yang ada pada Gym. Misal Team anda adalah Biru, maka tiap Gym berwarna Biru yang anda lihat di peta adalah Gym yang telah diklaim oleh Team anda.

4. Enemy Gym 

Untuk dapat mengklaim Gym milik musuh, anda harus mengalahkan Pokemon bertahan yang ada di dalamnya hingga Prestige points dari Gym tersebut jatuh ke nol. Saat Prestige points jatuh ke nol, Gym tersebut akan berubah menjadi netral (Unoccupied Gym). Pasang Pokemon anda dan Gym tersebut akan menjadi milik Team anda.

Apa itu Prestige?

Prestige adalah poin yang dibutuhkan Gym agar dapat naik level. Jumlah Prestige points bisa anda lihat pada Gym bersangkutan (gambar yang diberi kotak warna merah). Prestige points bisa anda dapat dari mengalahkan Pokemon di Friendly Gym. Saat level dari Gym naik, slot untuk Pokemon yang dipasang untuk bertahan pun akan bertambah.

Anda bisa bekerjasama dengan Trainer lainnya yang berada pada Team yang sama untuk segera membuat pertahanan Gym dengan cara melakukan Battle/Training di Gym tersebut. 

Berikut detail level dari Gym dan Prestige points yang dibutuhkan untuk naik level:

  • Gym Level 1 > 2 = 2,000 Prestige points.
  • Gym Level 2 > 3 = 4,000 Prestige points.
  • Gym Level 3 > 4 = 8,000 Prestige points.
  • Gym Level 4 > 5 = 12,000 Prestige points.
  • Gym Level 5 > 6 = 16,000 Prestige points.
  • Gym Level 6 > 7 = 20,000 Prestige points.
  • Gym Level 7 > 8 = 30,000 Prestige points.
  • Gym Level 8 > 9 = 40,000 Prestige points.
  • Gym Level 9 > 10 = 50,000 Prestige points.

Apa itu Defender Bonus?

Saat anda memasang Pokemon di Gym sebagai Pokemon bertahan, anda bisa mendapatkan Defender Bonus berupa PokeCoin dan Stardust. Bonus ini bisa anda terima setiap 21 jam di Shop. Sebuah icon tameng bisa anda lihat di bagian atas kanan dan indikator waktu yang telah di set selama 21 jam.

Klik icon tersebut untuk mengklaim bonus anda. Tiap Pokemon yang anda pasang dapat menghasilkan 10 PokeCoin tiap 20 jamnya. Anda bisa memasang maksimal 10 Pokemon. Namun, jika Pokemon yang anda pasang tidak berhasil mempertahankan diri dari serangan Team lawan, anda tidak akan mendapatkan Bonus.

Nah itulah sedikit ulasan tentang Pengertian dari Gym, Prestige dan defender bonus game pokemon go kalian juga bisa melihat istilah-istilah dan jenis pokemon go lain yang mungkin belum anda mengerti di artikel sebelumnya.

Selamat bermain!

1 Response to "Apa Itu Gym, Prestige dan Defender Bonus di Pokemon GO, Berikut Penjelasannya!"

  1. Kalau terkadang kita nga bisa menaruh pokemon di gym, padahal setim warna ny.
    Itu kenapa gan?

    ReplyDelete
Semua komentar saya baca tapi tidak semuanya bisa saya balas. Harap untuk memaklumi.

- gratis
- no spam
- no promosi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel